Kecakapan Dasar Manusia
Kompetensi (John M Bryson dalam Strategic Planning for Public and Non-profit Organizations): kombinasi dari pengetahuan dan ketrampilan, atau keahlian yang diperlukan untuk mengerjakan suatu tugas.
Kompetensi( Derrick Casey dalam Method and Procedure for Developing Competency Standard) kombinasi dari pengetahuan (knowledge), ketrampilan (skill) dan sikap( attitude) yang diperlukan untuk dapat melaksanakan suatu tugas.
Tiga Kecakapan Dasar menurut Kurt Singer :
- Kecakapan negosiasi
- Kecakapan mengelola konflik
- Kecakapan menyantuni pluralisme
Manusia juga memerlukan Kepribadian Yang dapat dicapai melalui 3 C yaitu:
- Conscience (nurani),
- Compassion (kepedulian sosial),
- Competence (kecakapan )
Kecakapan Dasar Manusia di Indonesia menurut Standard Kompetensi Kerja Nasional merujuk dari pengertian Casey; kompetensi sebagai kemampuan kerja setiap individu, mencakup pengetahuan (knowledge), ketrampilan (skill) dan sikap (attitude) kerja minimal yang harus dimiliki untuk dapat melaksanakan pekerjaan atau jabatan tertentu.
Kompetensi dari Ki Hajar Dewantara : Agar manusia dapat hidup perlu mempunyai kecakapan dasar, memiliki pengetahuan (knowledge ), ketrampilan (skill) yang dapat dipelajari dengan otak, sikap (attitude ) yang arif, rendah hati dan manusiawi.
7 Kebiasaan untuk mengembangkan PotensiDiri ( Stephen R. Covey )
1.Jadi proaktif
2.Merujuk pada tujuan akhir
3.Dahulukan yang utama
4.Paradigma saling ketergantungan
5.Berusaha mengerti terlebih dahulu
6.Wujudkan sinergi/kerjasama
7.Asah kemampuan terus – menerus
13 Ketrampilan Soft Skills
- Ketrampilan berkomunikasi yang efektif
- Inovasi dan kreativitas
- Berpikir analitis
- Fleksibilitas
- Kesiapan untuk berubah
- Memiliki sikap dan nilai-nilai yg benar
- Ketrampilan interpersonnal
- Ketrampilan negosiasi
- Ketrampilan persuasif
- Ketrampilan mengatur waktu
- Kemampuan memecahkan masalah
- Kemampuan beradaptasi
- Kemampuan memimpin dan membangun tim
8 Kompetensi Dasar yang dibutuhkan untuk sukses
- Kemampuan Beradaptasi
- Kemampuan melayani klien
- Komunikasi
- Kemampuan memecahkan masalah dengan kreatif
- Kemampuan untuk bekerja dalam team dan berkolaborasi
- Bisa dipercaya
- Bertanggung jawab
- Dorongan untuk berprestasi
1 komentar:
lumayan membantu lah buat ngerjain tugas.
makasih
Posting Komentar
Silakan isi komentar anda