Rabu, 27 April 2016

Klasifikasi Produk Retailing

. Rabu, 27 April 2016

Produk merupakan pengetahuan dasar yang harus diketahui oleh seseorang yang bekerja atau mempelajari di bidang bisnis retail. Dengan pengetahuan produk yang baik akan dapat mengembangkan bisnis retail dan dapat melayani target pasar yang telah dibidik dalam hal ini adalah pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan.


Banyak sekali produk yang beredar di pasar, salah satu tugas retailer adalah menciptakan nilai tambah produk kepada konsumen. Misalnya memberikan batasan atau memilah menyangkut pengelompokan produk. Menurut Nielsen (1992; dalam GJ. Verra, 2002) menyebutkan 4 langkah dalam menentukan batasan kategori barang, yaitu sebagai berikut:

1. Penetapan kategori berdasarkan informasi dari manufaktur, lembaga-lembaga riset pemasaran, dan pendapat atau kecenderungan umum konsumen. Misalnya pembagianassortment dalam kelompok-kelompok kategori barang fresh food, groceries, non food, house hold, dan sebagainya. Untuk tiap kategori barang tersebut ditetapkan batasan-batasan yang dapat membedakannya dari kelompok kategori yang lain.

2. Penetapan sub-kategori, sebagai bagian dari kategori yang bersangkutan, berdasarkan kecenderungan konsumen dari karakteristik umum barang dalam kategori. Misalnya dalam kelompok kategori barang fresh ditetapkan mencakup kategori sayur dan buah, yang di dalamnya antara lain ada sub-kategori buah-buahan daerah tropis, buah-buahan sub tropis, sayur daun, sayur buah, sayur umbi, dan sebagainya.

3. Pertimbangan pendekatan kegunaan antar kategori atau subkategori dalam pengelompokan maupun dalam pemajangan. Misalnya, pengelompokan margarine sebagai bagian dari subkategori barang sarapan pagi karena biasa digunakan sebagai pengoles roti atau dikelompokkan sebagai bagian dari sub-kategori bahan pembuat kue.

4. Pertimbangan kecenderungan intensitas konsumsi. Misalnya dengan pertimbangan intensitas konsumsinya, gula pasir dikelompokkan ke dalam sub-kategori tepung terigu, tepung sagu, tepung jagung, dan sebagainya.

Dari kategori barang tersebut terlihat bahwa dalam penetapan kategori dan sub-kategori, dan pengelompokan selanjutnya adalah mengikuti klasifikasi hirarkis atau struktural.

Struktur kategori ini merupakan susunan kerangka hirarkis pengelompokan kategori barang yang tersusun atas kelompok kategori terbesar sampai dengan kelompok terkecil. Masing-masing peringkat kelompok kategori ditetapkan dengan batasan-batasan yang membedakannya dengan kelompok lain dan membuatnya termasuk dalam suatu kelompok kategori tertentu.

Dengan demikian, ada 2 fungsi penting dalam struktur kategori barang, yaitu klasifikasi dan identifikasi. Fungsi identifikasi tersebut mencakup identifikasi item barang dan identifikasi supplier. Sedangkan untuk fungsi klasifikasi barang dapat dilihat pada tabel 6.4. Dalam klasifikasi barang tidak ada ketentuan khusus yang mengatur berapa tingkat klasifikasi barang yang harus dibuat dan yang berkaitan dengan penamaan atas kelas barang yang bersangkutan. Selain itu struktur kategori barang berperan sebagai bahasa untuk mengkomunikasikan bauran barang atauassortment barang dalam keseluruhan internal business process suatu retailer. Bahasa ditunjukkan dengan pengkodean item barang, kategori item, maupun supplier. Struktur kategori diupayakan untuk menjadi bahasa yang dapat dipersepsikan secara persis sama oleh seluruh mata rantai terkait dalam proses bisnis internal. Tabel 6.4 merupakan contoh struktur klasifikasi barang.






Setelah mengetahui beberapa contoh pembagian divisi yang terdapat pada supermarket, perlu juga untuk mengetahui pengenalan produk untuk mengetahui kegunaan atau manfaat dari tiap-tiap produk yang terdapat pada supermarket. Tabel 6.7 akan menampilkan pengenalan produk.

Sumber :http://belajarserbaneka.blogspot.co.id/2012/11/klasifikasi-produk-retailing.html?m=1


0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silakan isi komentar anda

 

TUKERAN LINK DISINI

ADHIE CENTER

INFO SITE

My Popularity (by popuri.us)
ADHIE CENTER is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com