Minggu, 23 Juni 2013

RETAIL MATHEMATICS

. Minggu, 23 Juni 2013

RETAIL MATHEMATICS * Perangkat (tools) kuantitatif untuk mengevaluasi Kinerja Operasional * Data bagi pengambilan keputusan manajemen tujuan retail mathematic : * Sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan untuk Manajemen Operasional Toko * Perangkat (tools) kuantitatif untuk mengevaluasi Kinerja Operasional. DEFINISI 1 HARGA BELI Harga Pokok Penjualan (HPP) = harga beli TOKO kepada pihak supplier yang sudah disepakati oleh MD pusat, belum termasuk PPN. HARGA JUAL ( SALES PRICE ) Harga Jual yang ditetapkan Alfa (Sales Price), belum termasuk PPN LABEL PRICE Harga Jual yang ditetapkan TOKO terhadap produk-produk yang dijual kepada customer, dimana sudah termasuk PPN dan label price ini yg dicantumkan pada rail card ). MARGIN Tingkat Keuntungan awal yang diambil dari barang yang akan dijual,dalam satuan percent (%) PROFIT Tingkat Keuntungan yang diambil dari barang yang dijual, dalam Rp MARK UP Perubahan harga jual yang menyebabkan margin naik. MARK DOWN Perubahan harga jual yang menyebabkan margin turun STD (Struk Per Day) / Customer Count Jumlah customer yang bertransaksi di kasir pada periode tertentu ( hari / bulan) atau Jumlah Bon ( struk belanja ) Customer Traffic Jumlah customer yang berkunjung ke toko periode tertentu ( hari / bulan), dihitung dengan alat bantu “Counter” APC (Average Purchase Customer) / Basket Size Nilai rata-rata pembelanjaan tiap customer pada periode tertentu ( hari/bulan) Convertion Rate Berapa banyak pelanggan baru yang terjaring karena promosi ataupun impulse buying Average Stock (Stock Rata-rata) Perhitungan nilai rata-rata stock dalam suatu periode Day Sales Inventory (DSI) Suatu ukuran seberapa cepat nilai stok yang ada dapat terjual atau Ratio untuk mengetahui nilai stoknya itu cukup untuk mengcover berapa hari penjualan Produktivitas Karyawan Cara untuk mengukur sales yang dihasilkan tiap karyawan GMROI ( Gross Margin Return On Inventory) Tingkat keuntungan dari hasil pengelolaan/investasi suatu inventory atau Berapa keuntungan dari setiap Rp yang ditanam dalam bentuk rata-rata stok yang ada. GMROS (Gross Margin Return On Space) cara mengukur laba kotor yg dihasilkan setiap m2 >> Gross Profit / Floor Efektif Produktifitas Floor cara mengukur berapa sales yg dihasilkan setiap m2 >>> Sales Price / Selling Area Pencapaian (Achievement) >>(Actual / Budget) *100 % Share Of Sales mengukur berapa besarnya sales yg disumbangkan setiap Dept terhadap sales total yg dihasilkan toko. Share of sales dapat berguna sebagai strategi pencapaian target (Target PLU, SDP, dll) (Sales Dept / Total Sales Dept ) x 100 % RUMUS-RUMUS (FORMULA) Harga Beli = Harga Jual x (100% – Margin) Harga Jual = Harga BeLI : (100% – Margin) Margin = Harga jual – harga beli X 100 % Harga jual Profit = Harga jual – harga beli Sumber : http://yudhiedoeraca.wordpress.com

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silakan isi komentar anda

 

TUKERAN LINK DISINI

ADHIE CENTER

INFO SITE

My Popularity (by popuri.us)
ADHIE CENTER is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com