Jumat, 31 Desember 2010

AIR Bersih untukmu saudaraku

. Jumat, 31 Desember 2010

Artikel ini saya tulis bukan untuk mengikuti Kompetisi WEB Kompas Muda & AQUA 2011. tulisan ini sebagai Motivasi rekan-rekan muda yang untuk mengikuti Kompetisi WEB Kompas Muda & AQUA 2011 ,karena Saya merupakan keluarga besar karyawan Kompas Gramedia , jadi kewajiban saya untuk mempromosikan ajang ini kepada rekan-rekan muda,

It's About Us : Air Untuk Masa Depan adalah tema yang dilombakan dalam Kompetisi WEB Kompas Muda & AQUA 2011 ini.

Flyer kOMPETISI

Air yang dalam kamus kimianya dilambangkan deangan H2O merupakan bahan utama dan sangat penting bagi kehidupan semua makhluk hidup yang ada di dunia ini seperti manusia,hewan dan tumbuhan, terutama bagi manusia beragam aktifitas senantiasa berhubungan dengan air. seperti mencuci, mandi, minum, dan sebagainya. Semua membutuhkan keberadaan benda cair yang satu ini. Dengan air ini pulalah tumbuh-tumbuhan dapat mengambil manfaatnya sehingga menghasilkan buah yang enak dan pemandangan hijau yang menyejukkan mata yang sangat bermanfaat sekali bagi manusia. Dengan air, hewan-hewan dapat mengambil manfaatnya dan keluarlah air susu yang berguna bagi kesehatan manusia.

air merupakan suatu benda cair tidak pernah dapat digantikan oleh senyawa lain manapun. Tubuh manusia terdiri dari 65% air dan sekitar 47 liter air terdapat pada orang dewasa. Setiap harinya 2,50 liter dari jumlah air tersebut harus diganti dengan air yang baru. Diperkirakan dari sejumlah air yang harus diganti, 1,5 liter berasal dari air minum dan sekitar 1 liter berasal dari bahan makanan yang dikonsumsi. Menurut WHO jumlah air minum yang harus dipenuhi agar dapat mencapai syarat kesehatan adalah 86,4 liter per kapita per hari, sedang kondisi di Indonesia ditentukan sebesar 60 liter per hari.

Dengan terpenuhinya kebutuhan ini, maka seluruh proses metabolisme dalam tubuh manusia bisa berlangsung dengan lancar. Sebaliknya, jika kekurangan air, maka proses metabolisme terganggu. Akibatnya bisa terjadi dehidrasi, yang pada tahapan berikutnya dapat menimbulkan kematian.

Sekitar 60-70 % dari komposisi tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air (cairan). Secara kimia, air mempunyai sifat yang cukup unik. Tidak seperti senyawa lain, air tidak bisa disintesis secara kimia. Jadi, air hanya dapat diperoleh dengan memasukkannya ke tubuh.

Jika kekurangan air, maka tubuh manusia bisa mengalami dehidrasi.

Bahkan jika tidak ada air yang masuk ke tubuh manusia dalam waktu yang lama maka manusia tidak akan bisa hidup. Banyak saudara-saudara kita yang masih kesusahan untuk mendapat air untuk kehidupan sehari-hari mereka. Air bagi mereka bukan lagi sebagai benda yang mudah dicari, Air begitu berharga bagi mereka.

Untunglah ternyata masih ada yang peduli dengan keadaan saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan akan air bersih ,terimah kasih untuk perusahaan air minum swasta AQUA yang mencanangkan program "1 LITER AIR UNTUK 10 LITER AIR BERSIH", program ini dapat membantu warga-warga dipelosok yang jauh dari akses air bersih mendapatkan air bersih secara cuma-cuma.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silakan isi komentar anda

 

TUKERAN LINK DISINI

ADHIE CENTER

INFO SITE

My Popularity (by popuri.us)
ADHIE CENTER is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com