Sistem Operasi (O/S):
- S/W yang Mengatur sumber daya komputer
- Menyediakan layanan bagi pemrogram
- Menjadwal eksekusi program
- Mengontrol eksekusi program-program aplikasi
- Antar muka antara pengguna dan H/W (perangkat keras)
Lapisan-lapisan & pandangan-pandangan Sistem Komputer
Tujuan O/S:
- Kenyamanan ==> Lebih mudah untuk digunakan
- Efisiensi ==> efisiensi sumber daya sistem komputer
Layanan-layanan O/S:
- Pembuatan program ==> utilitas (editor, debugger) untuk membuat program
- Eksekusi program ==> O/S menangani urutan instruksi dan pengambilan data
- Akses ke I/O ==> sinyal kontrol melalui instruksi untuk keperluan operasi
- Akses terkontrol ke file ==>mengontrol bentuk file pada media penyimpanan, mekanisme perlindungan untuk mengontrol akses ke file-file.
- Akses sistem ==> perlindungan sumber daya dan data dari pengguna yg tidak mempunyai izin.
- Pendeteksian kesalahan dan tanggapanĂ baik kesalahan dari H/W maupun S/W, diantaranya:
- Kegagalan perangkat keras
- Penggunaan memori berlebih
- Aplikasi yg tidak sesuai dg O/S
- Akuntansi ==>Pengumpulan statistik pemakaian bertujuan mengantisipasi kebutuhan untuk meningkatkan kinerja sistem
Jenis O/S:
Interaktif ==> Penguna berinteraksi langsung melalui keyboard/monitor untuk meminta eksekusi tugas.
Sistem bersifat batch ==>Program pengguna ditampung, setelah program diselesaikan hasilnya dicetak bagi pengguna.
Jenis Sistem Batch berdasar jumlah eksekusi program
- Single-programming
- Hanya menjalankan satu program
- Tidak efisien karena prosesor banyak menunggu (idle)
- Multi-programming
- Menjalankan lebih dari satu program pada satu saat
- Menjaga prosesor selalu dalam keadaan sibuk
Paradigma O/S Modern
· Multi programming
· Sejumlah job atau programming dipertahankan dlm memori
· Eksekusi job atau program bergantian oleh prosesor
· Prosesor dalam keadaan selalu sibuk
· Penjadwalan
Efek Multiprogramming thd Sumber Daya
Single Programming Multiprogramming
Penggunaan Memori 33% 67%
Penggunaan Disk 33% 67%
Penggunaan Printer 33% 67%
Waktu berlalu 30 min 15 min
Kelajuan Through put 6 jobs/h 12 job/h
Waktu tanggapan rata-rata 18 min 10 min
Penjadwalan:
· Penjadwalan Jangka Panjang
Keputusan untuk menambahkan program yg akan dieksekusi hingga memori utama penuh
· Penjadwalan Jangka Menengah
Keputusan untuk menambah banyaknya proses secara parsial atau secara penuh didalam memori utama.
· Penjadwalan Jangka Pendek
Sering mengeksekusi & membuat keputusan untuk tugas berikutnya
Konsep Keadaan (Status) Proses
New ==> Program diakui, belum siap melakukan eksekusi. O/S menginisialisasi proses
Ready ==>Proses dalam keadaan siap dieksekusi & sedang menunggu akses ke prosesor
Running ==>Proses sedang dieksekusi prosesor
Waiting ==> Proses ditahan eksekusinya untuk menunggu sumber daya sistem (seperti I/O)
Halted ==> Proses dihentikan dan dikeluarkan oleh O/S
Blok Kontrol Proses ==> untuk mewakili masing-masing proses dlm O/S
Identifier ==> Program/proses memiliki identifikasi yang unik
State ==>Keadaan proses saat itu (baru, siap, dan seterusnya)
Priority ==>Tingkatan prioritas proses.
Program counter ==>alamat instruksi berikutnya dalam program untuk di eksekusi.
Memory Pointer ==>Lokasi awal & akhir dari proses dalam memory.
Context data ==> Data yg berada dalam register untuk proses eksekusi.
I/O status information ==>Permintaan I/O yg belum dipenuhi.
Accounting Information ==> Jumlah waktu proses, batas waktu proses, dll
1 komentar:
duh kynya muter2...
pusing aku....8-}
Posting Komentar
Silakan isi komentar anda